Kue Putu


Selamat malam semuanya…

Saya baru bisa nge-blog lagi nih, setelah sekitar 2 bulan vakum karena kesibukan padahal bahan untuk blog sudah ada beberapa yang dikumpulkan. baiklah, kali ini saya ingin berbagi mengenai salah satu makanan camilan. Saya rasa orang Sunda pasti sudah mengenal kue yang satu ini. Saya sangat menyukai kue ini, saya ingat pada waktu saya kecil, setiap ada pedagang putu yang lewat saya pasti beli😀. dan hal ini menular pada anak saya.

Pada saat saya sedang bertugas di kota Pekanbaru dan Medan, saya cukup surprise ternyata ada juga penjual kue ini disana. Kue putu terbuat dari tepung beras yang dikasih pewarna hijau, biasanya dari pandan. cara membuatnya yaitu dengan memasukkan tepung beras tadi ke dalam cetakan yang terbuat dari bambu, kemudian ditengahnya diberi gula merah yang dihaluskan kemudian dikukus. setelah matang, kue ini disajikan dengan menambahkan parutan kelapa diatasnya. hmmm yummy….
Hal yang menjadi ciri khas pedagang kue ini adalah suara mendengung yang berasal dari kukusan putu jika sedang dijajakan. Hampir setiap malam, anak saya mendengar suara putu, pasti pengen jajan deh.

Leave a Reply

